ADVERTISEMENT

Thursday, February 25, 2016

contoh karya ilmiah hadirnya game di dunia ini|cara remaja

3:42 PM

LAPORAN KARYA ILMIAH
HADIRNYA GAME DI DUNIA


Laporan Ini Disusun Untuk Melengkapi
Tugas Bahasa Indonesia Tahun Ajaran 2016/2017

Disusun Oleh :

NAMA                                 : ASYAHRUL MUBARAK
KELAS                                : XII TKJ A
NIS                                       : 301304





KOMPETENSI TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 SIMBANG MAROS

TAHUN PELAJARAN 2016/2017



KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas kasih karunia-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan laporan ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga laporan ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam administrasi pendidikan dalam profesi kejuruan.
Laporan ini sesuai dengan apa yang telah saya teliti selama  dalam proses pengerjaan dan dengan adanya laporan ini dapat menjadi bukti bahwa saya telah menyelesaikan tugas dari guru bahasa Indonesia dan dapat mendukung dalam mengikuti semester, UAS dan UAN.
Untuk itu pada kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih kepada :
1.        Drs. Muhtar, MM., selaku kepala sekolah SMK Negeri 2 Simbang Maros..
2.        Segenab guru dan staf SMK Negeri 2 Simbang Maros.
3.        Keluarga, terutama kedua orang tua  kami yang telah memberikan dukungan  dan pengorbanan yang tiada batasnya.
Saya menyadari bahwa laporan ilmiah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu saya sangat berharap adanya saran, masukan, maupun kritikan yang membangun dari  para pembaca guna untuk  melengkapi kekurangan dari laporan ini. Semoga laporan ini dapat  memberi manfaat kepada kita semua.
Maros,  18 April 2015

Penyusun Laporan,

DAFTAR ISI
Halaman
Sampul .......................................................................................................  
Kata Pengantar ..........................................................................................   1
Daftar Isi ....................................................................................................   2
BAB I           PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang...............................................................   4
B.     Rumusan Masalah..........................................................   4
C.     Tujuan Penulisan ..........................................................   4
D.    Sistematika Penulisan Laporan Imiah ........................   5
BAB II         GAMBARAN UMUM TENTANG GAME
A.      Pengertian Game ..........................................................   6
B.       Pengertian Game Menurut Para Ahli ........................   6
BAB III        METODE PENELITIAN
A.    Tenik Penelitian ............................................................   8
B.     Rancangan Waktu .........................................................   8
C.     Sampel Penelitian .........................................................   8
D.    Instrumen Penelitian .....................................................   8
BAB IV        PEMBAHASAN
A.    Sejarah Teknologi.......................................................... 10
B.     Jenis – Jenis Game ........................................................   11
BAB V         PENUTUP
A.      Kesimpulan....................................................................   14
B.       Saran...............................................................................   14
BIODATA PENELITI................................................................................   15
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................   16



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar belakang
Pada masa-masa ini, banyak game yang dapat dijadikan sebagai sarana hiburan. Makin banyaknya game yang dirilis dari tahun ketahun membuat user bingung untuk memilih game mana yang pantas untuk dimainkan. Makin berkembangnya teknologi juga berpengaruh terhadap perkembangan game, ini dibuktikan dengan hadirnya beberapa game yang memiliki tampilan grafis mirip dengan dunia nyata sehingga membuat para user seperti berada dalam game tersebut. Bermain game dapat juga dapat memberikan banyak manfaat namun juga dapat berdampak negatif.
B.       Rumusan Masalah
1.   Pengertian Game ?
2.   Bagaimana cara agar para gemers tidak ketinggalan tentang perkembangan teknologi dalam dunia game ?
3.   Jenis game apa saja yang telah hadir di dunia ?
C.      Tujuan Penulisan
1.   Mengetahuin pengertian game
2.   Mengetahui perkembangan teknologi dalam dunia game
3.   Untuk mengetahui jenis –jenis game yang ada di dunia



D.      Sistematika Penulisan Laporan Ilmiah
Laporan ini disusun berdasarkan sistematika penyusunan sebagai berikut :
1.   Halaman pembuka berupa sampul
2.   BAB I Pendahuluan, memuat pembahasan tentang latar belakang DUNIA GAME, RUMUSAN MASALAH dan sistematika penulisan.
3.   BAB II Gambaran Umum Lokasi PRAKERIN, berisi tentang sejarah singkat lokasi PRAKERIN, logo lokasi PRAKERIN, struktur organisasi lengkap dengan uraian tugas masing-masing.
4.   BAB III Hasil Kegiatan dan Pembahasan, berisi tentang waktu pelaksanaan PRAKERIN, masalah yang dihadapi dan metode pemecahan masalah.
5.   BAB IV Penutup, berisi kesimpulan dan saran dari seluruh rangkaian kegiatan PRAKERIN.
6.   Lampiran, berisi foto copy absen,jurnal kegiatan, nilai PRAKERIN dari lokasi, foto copy sertifikat dari lokasi. Kegiatan dan lain-lain yang dianggap bisa menjadi bukti fisik kegiatan PRAKERIN.


BAB II
GAMBARAN UMUM TENTANG GAME

A.           Pen­­gertian Game
Di dalam KBBI Main berarti:melakukan permainan untuk menyenangkan hati . Dalam pengertian yang luas game berarti:”Hiburan”sementara game dapat di artikan :sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya andang ismail (2009:26)menuturkan bahwa  permainan ada 2 pengertian yaitu:
1.   Permainan adalah sebuah aktivitas bermain yang murni mencari kesenangan tanpa mencari menang / kalah.
2.   Pemain adalah sebagai aktivitas bermain yang di lakukan dalam rangka mencari kesenangandan kepuasan .
B.            Pengertian Game Menurut Para Ahli
1.        Menurut Ivan C Sibero
Game merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak dipakai dan dinikmati oleh pengguna media elektronik saat ini.”
2.        Menurut Samuel Henry
Game adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari keseharian anak-anak.
3.        Menurut Fauzia A
Game adalah salah satu bentuk hiburan yang dapat dijadikan sebagai penyegar pikiran dari kepenatan akibat dari padatnya aktivitas sehari-hari.”


4.        Pengertian Game Menurut John Naisbitt
“Game merupakan sistem partisipatoris dinamis karena game memiliki tingkat penceritaan yang tidak dimiliki film.”
5.      Pengertian Game Menurut Wijaya Ariyana & Arifianto
Pengertian Game adalah salah satu kebutuhan sekaligus menjadi masalah besar bagi para pengguna komputer, hal tersebut dikarenakan untuk dapat menjalankan suatu game dengan nyaman, maka dibutuhkan spesifikasi komputer yang relatif tinggi dibanding komputer untuk penggunaan biasa.



BAB III
METODE PENELITIAN

A.    Teknik Penelitian
     Teknik yang di gunakan dalam penelitian ini adalah dengan mencari informasi di internet.
B.     Rancangan Waktu
1.        Massa Persiapan                             : 15 – 17 Februari 2016.
2.        Massa Pencarian Informasi           : 18 – 19 Februari 2016.
3.         Massa Pengolahan Data                : 20 - 21 Februari 2016.
4.         Massa Penyusun  Laporan            : 22 - 23 Februari 2016.
C.      Sampel
    Jumlah sempel penelitian saya, berjumlah 12 artikel dari berbagai blog yang ada di internet.
D.    Instrumen Penelitian
    Istrumen Penelitian ini, saya melakukan pertama kali berupa artikel - artikel yang berkaitan dengan permainan game.


BAB IV
PEMBAHASAN

A.    Sejarah Teknologi Game
1.        Generasi Pertama
Pada tahun 1966, videogame mulai memasuki babak awal perkembangannya. Ide-ide kreatif bermunculan, dan sebagian besar dimotori oleh mahasiswa-mahasiswa yang menghabiskan waktu luangnya dengan memanfaatkan fasilitas teknologi informasi di kampus. Konsol game Baer yang prototipenya diberi nama Brown Box, kemudian meluncur dengan nama Magnafox Odyssey (Mei 1972), berisi 16 game built-in yang dapat diganti-ganti dengan menggunakan sebuah switch. Terjual sampai 200.000 unit, Magnafox Odyssey tercatat sebagai konsol videogame pertama di dunia.
2.        Generasi Kedua
Dalam sejarah komputer dan video game, generasi kedua (biasa disebut sebagai awal era 8 bit atau kurang lebih 4 bit era) dimulai pada tahun 1976 dengan merilis Fairchild Channel F dan Radofin1292 Advanced Programmable Video sistem. Di era generasi kedua ini yang menjadi primadona konsol game adalah konsol game ATARI ,di antaranya adalah: Fairchild Channel F,Atari 2600, Magnavox Odyssey ver. 2 , Atari 5200.


3.        Generasi Ketiga
Generasi ketiga dimulai pada tahun 1983 dengan dipasarkannya Jepang Family Computer tau lebih dikenal dengan nama FAMICOM (kemudian dikenal sebagai Nintendo Entertainment System di seluruh dunia). Walaupun konsol generasi sebelumnya juga menggunakan 8 bit processor, pada akhir generasi inilah konsol rumah yang pertama kali diberi label oleh mereka “bit”. Ini juga masuk ke mode sebagai sistem 16 bit seperti Mega Drive / Genesis dipasarkan untuk membedakan antara generasi konsol. Di Amerika Serikat, generasi ini di game ini terutama didominasi oleh NES / Famicom. Di era ini pulalah terjadi perang konsol game yang pertama antara perusahaan konsol Nintendo dengan SEGA .
4.   Generasi Keempat
Generasi ini disebut-sebut sebagai "jaman emas" dalam dunia video game. Masa di mana konsol 16-bit muncul dan membawa perubahan drastis pada grafik, tata suara, dan gameplay. Era ini juga kian memanas saat terjadinya persaingan seru antara Sega dan Nintendo.
Pada tahun 1990, Sega menggelontorkan Sega Megadrive/Genesis, konsol 16-bit yang memukau perhatian pecinta game, khususnya Amerika.Selanjutnya, Sega merilis game yang akhirnya menjadi maskot Sega, Sonic the Hedgehog (1991). Game ini lagi-lagi mencengangkan para pecinta game, karena game tersebut memiliki grafik dan tata suara yang kualitasnya jauh di atas Super Mario Bros yang merupakan game buatan Nintendo
5.   Generasi Kelima
Era 32-bit dan 64-bit ini diawali dengan penyelenggaraan Electronic Entertainment Expo (E3) untuk pertama kalinya di Los Angeles Convention Center. Inilah ajang hiburan dan game terbesar di Amerika yang masih terus diadakan hingga sekarang.Selanjutnya, Sony merilis Sony PlayStation (1995), diikuti dengan Nintendo 64 (1996). Untuk kali ini, persaingan dimenangkan Sony karena Nintendo memutuskan untuk tidak meng-upgrade ke CD-ROM dan tetap menggunakan cartridge. Tentu saja developer lebih melirik CD-ROM, karena biaya produksi lebih murah dan kapasitas penyimpanan lebih besar.Sega pun merilis Sega Saturn, konsol game yang juga berbasis CD-ROM dan memiliki delapan prosesor.
B.     Jenis – Jenis Game
1.      RPG (Role Playing Game)
RPG adalah salah satu game yg mengandung unsur experience atau leveling dalam gameplay nya. Biasanya dalam game ini kita memiliki kebebasan untuk menjelajah dunia game tersebut, dan kadang kala dalam beberapa game, kita dapat menentukan ending dari game tersebut 
RPG terbagi 2 : Action RPG & Turn Based RPG (Menunggu giliran kita untuk berjalan seperti Monopoly)





2.      FPS (First Person Shooting)
FPS adalah game yg tembak menembak yg memiliki ciri utamanya adalah penggunaan sudut pandang orang pertama yg membuat kita dibelakang senjata.
3.      Third Person Shooter 
TPS adalah game yg mirip dengan FPS yaitu memiliki gameplay tembak
menembak hanya saja sudut pandang yg digunakan dalam game ini
adalah orang ketiga.
 
4.      Strategy
STRATEGY adalah genre game yg memiliki gameplay untuk mengatur
suatu unit atau pasukan untuk menyerang markas musuh dalam rangka
memenangkan permainan. biasanya di dalam game Strategy, kita dituntut
untuk mencari gold untuk membiayai pasukan kita.
Real Time Strategy (RTS) | Warcraft 3 | ZigaFiles Games
5.      Sports
Sports Adalah genre bertema permainan olahraga. Sistem permainan akan
berbeda-beda tergantung jenis olahraga yang menjadi tema game tersebut



6.     Simulation
Simulasi
 Adalah genre yang mementingkan realisme. Segala faktor pada game ini sangat diperhatikan agar semirip didunia nyata. Segala nilai, material, referensi, dan faktor lainnya adalah berdasarkan dunia nyata. Cara memainkannya juga berbeda, karena biasanya kontrol yang dimiliki cukup
7.     Tycoon
Tycoon adalah game yg menjadikan kita sebagai seorang bussinesman
yang akan mengembangkan sesuatu Property untuk dikembangkan hingga
laku di pasaran
 
8.      Racing
Racing Game adalah game sejenis racing yg memungkinkan kita untuk
mengendalikan sebuah kendaraan untuk memenangkan sebuah balapan.
 
9.      Action Adventure
Action Adventure
 adalah game berupa petualangan salah seorang
karakter yg penuh dengan penuh aksi yg akan terus ada hingga game
tersebut tamat. (Biasanya Action dimasukan kategori RPG)
10. Arcade
Arcade
 game adalah genre game yang tidak terfokus pada cerita, melainkan hanya dimainkan "just for fun" atau untuk kejar-mengejar point / highscore 



BAB V
PENUTUP
A.    Kesimpulan.
         Dari uraian diatas , kita sebagai pelajar jangan terlalu sering bermain              
Game, walaupun ada  game yang  dapat memberi manfaat bagi anak yang baru
Belajar mengenal angka, huruf dan lain-lain. 
B.      Saran
       Seharusnya,  para pelajar hendaknya memehami bahwa mencari uang
Itu tidak mudah, dan seharusnya para remaja itu mengingat kewajibannya
Sebagai seorang pelajar,  tetapi bermain game itu boleh saja,  asal tidak
terlalu sering,  sebaiknya para pelajar beralih ke membaca buku,  majalah supanya menambah ilmu pengetahuan,  belajar membaca buku pelajaran ataupun menonton tv dirumah tetapi menonton yang ada manfaatnya saja seperti :  berita,  edukasen,  da’ i muda pilihan dan lainnya. 






BIODATA  PENELITI
Nama                           : Asyahrul Mubarak.
Tempat tanggal lahir   : pomontoro, 22 Desember 1998.
Alamat rumah             : Jl. Poros Bone - Makassar
Sekolah                       : SMKN 2 Simbang Maros.
Cita – cita                    : Pengusaha Muda.
Hobi                            : Bermain Game, Basket.
Nama orang tua         
Ayah                            : Abustam S.pd.
Ibu                               : Humaerah S.E.
Pekerjaan orang tua
Ayah                          : PNS (Guru).
Ibu                             : PNS.


Mengetahui,
Wali Murid







Abustam S.pd





 


Bantimurung, 23 Februari 2016
Penetili






Asyahrul Mubarak










 
 



DAFTAR PUSTAKA

http// cakrawalamaya.blogspot.com/2012/03/ pengertian game-hlml.
http// bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/ index.php.
keraf,gorys.1979.komposisi ende flores: Nusa Indah.
http// id.wikipedia.org/ wiki/ permainan.
http://sababjalal.wordpress.com/2011/11/03/contoh-makalah-manfaat-teknologi-bagi-kehidupan-manusia/
http://disketmaster.tripod.com/peranan_teknologi.htm


Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 Cara Remaja. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top