LAPORAN KARYA ILMIAH
HADIRNYA GAME DI DUNIA
Laporan Ini Disusun Untuk Melengkapi
Tugas Bahasa Indonesia Tahun Ajaran 2016/2017
Disusun Oleh :
NAMA :
ASYAHRUL MUBARAK
KELAS :
XII TKJ A
NIS :
301304
KOMPETENSI TEKNIK
KOMPUTER DAN JARINGAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 SIMBANG
MAROS
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas kasih karunia-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan laporan ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga laporan ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam administrasi pendidikan dalam profesi kejuruan.
Laporan ini sesuai dengan apa yang telah saya teliti selama dalam proses
pengerjaan dan dengan adanya laporan ini dapat menjadi bukti bahwa saya telah menyelesaikan tugas dari guru bahasa Indonesia
dan dapat mendukung dalam mengikuti semester, UAS
dan UAN.
Untuk itu pada kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih kepada :
1.
Drs. Muhtar, MM., selaku kepala sekolah SMK Negeri 2
Simbang Maros..
2.
Segenab guru dan staf
SMK Negeri 2 Simbang Maros.
3.
Keluarga, terutama kedua orang tua kami
yang telah memberikan dukungan dan pengorbanan yang tiada batasnya.
Saya
menyadari bahwa laporan ilmiah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu saya sangat berharap adanya saran, masukan, maupun kritikan yang membangun dari para pembaca guna untuk melengkapi kekurangan dari laporan ini. Semoga laporan ini dapat memberi manfaat kepada kita semua.
Maros, 18
April 2015
Penyusun Laporan,
DAFTAR ISI
Halaman
Sampul .......................................................................................................
Kata
Pengantar .......................................................................................... 1
Daftar
Isi .................................................................................................... 2
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang............................................................... 4
B. Rumusan Masalah.......................................................... 4
C. Tujuan
Penulisan .......................................................... 4
D. Sistematika Penulisan Laporan Imiah ........................ 5
BAB
II GAMBARAN UMUM TENTANG GAME
A. Pengertian Game .......................................................... 6
B. Pengertian Game Menurut Para Ahli
........................ 6
BAB
III METODE PENELITIAN
A. Tenik Penelitian ............................................................ 8
B. Rancangan Waktu ......................................................... 8
C. Sampel Penelitian ......................................................... 8
D. Instrumen Penelitian ..................................................... 8
BAB
IV PEMBAHASAN
A. Sejarah Teknologi..........................................................
10
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan.................................................................... 14
B. Saran............................................................................... 14
BIODATA PENELITI................................................................................ 15
DAFTAR PUSTAKA................................................................................. 16
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Pada masa-masa ini, banyak game yang dapat dijadikan sebagai sarana hiburan. Makin banyaknya game yang dirilis dari
tahun ketahun membuat user bingung untuk memilih game mana yang pantas untuk dimainkan. Makin berkembangnya teknologi juga
berpengaruh terhadap perkembangan game, ini dibuktikan dengan hadirnya beberapa
game yang memiliki tampilan grafis mirip dengan dunia nyata sehingga membuat
para user seperti berada dalam game tersebut. Bermain game dapat juga dapat memberikan
banyak manfaat namun juga dapat berdampak negatif.
B. Rumusan Masalah
1.
Pengertian Game ?
2.
Bagaimana cara agar para gemers tidak ketinggalan tentang
perkembangan teknologi dalam dunia game ?
3.
Jenis game apa saja yang telah hadir di dunia ?
C. Tujuan Penulisan
1.
Mengetahuin pengertian game
2.
Mengetahui perkembangan teknologi dalam dunia game
3.
Untuk mengetahui jenis –jenis game yang ada di dunia
D. Sistematika Penulisan Laporan Ilmiah
Laporan ini disusun berdasarkan sistematika penyusunan sebagai berikut :
1.
Halaman pembuka berupa sampul
2.
BAB I Pendahuluan, memuat pembahasan tentang latar belakang DUNIA GAME, RUMUSAN MASALAH
dan sistematika penulisan.
3.
BAB II Gambaran Umum Lokasi PRAKERIN, berisi tentang sejarah singkat lokasi PRAKERIN, logo lokasi PRAKERIN, struktur organisasi lengkap dengan uraian tugas masing-masing.
4.
BAB III Hasil Kegiatan dan Pembahasan, berisi tentang waktu pelaksanaan PRAKERIN, masalah yang dihadapi dan metode pemecahan masalah.
5.
BAB IV Penutup, berisi kesimpulan dan saran dari seluruh rangkaian kegiatan PRAKERIN.
6.
Lampiran, berisi foto copy absen,jurnal kegiatan, nilai PRAKERIN dari lokasi, foto
copy sertifikat dari lokasi. Kegiatan dan lain-lain yang dianggap bisa menjadi bukti fisik kegiatan PRAKERIN.
BAB II
GAMBARAN UMUM TENTANG
GAME
A.
Pengertian Game
Di dalam KBBI Main berarti:melakukan permainan untuk
menyenangkan hati . Dalam pengertian yang luas game berarti:”Hiburan”sementara
game dapat di artikan :sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya andang ismail
(2009:26)menuturkan bahwa permainan ada
2 pengertian yaitu:
1. Permainan
adalah sebuah aktivitas bermain yang murni mencari kesenangan tanpa mencari
menang / kalah.
2. Pemain
adalah sebagai aktivitas bermain yang di lakukan dalam rangka mencari
kesenangandan kepuasan .
B.
Pengertian Game Menurut Para
Ahli
1.
Menurut
Ivan C Sibero
“Game merupakan salah satu aplikasi yang paling
banyak dipakai dan dinikmati oleh pengguna media elektronik saat ini.”
2.
Menurut
Samuel Henry
“Game adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan
dari keseharian anak-anak”.
3.
Menurut
Fauzia A
“Game adalah salah satu bentuk hiburan yang dapat
dijadikan sebagai penyegar pikiran dari kepenatan akibat dari padatnya
aktivitas sehari-hari.”
4.
Pengertian Game
Menurut John Naisbitt
“Game merupakan sistem partisipatoris
dinamis karena game memiliki tingkat penceritaan yang tidak dimiliki film.”
5. Pengertian Game Menurut Wijaya Ariyana & Arifianto
Pengertian Game adalah salah satu kebutuhan sekaligus menjadi masalah besar bagi
para pengguna komputer, hal tersebut dikarenakan untuk dapat menjalankan suatu
game dengan nyaman, maka dibutuhkan spesifikasi komputer yang relatif tinggi
dibanding komputer untuk penggunaan biasa.
BAB III
METODE PENELITIAN
A.
Teknik
Penelitian
Teknik
yang di gunakan dalam penelitian ini adalah dengan mencari informasi di internet.
B.
Rancangan
Waktu
1.
Massa Persiapan : 15 – 17 Februari 2016.
2.
Massa Pencarian Informasi :
18 – 19 Februari 2016.
3.
Massa Pengolahan Data : 20 - 21 Februari 2016.
4.
Massa Penyusun
Laporan : 22 - 23 Februari 2016.
C.
Sampel
Jumlah
sempel penelitian saya, berjumlah 12
artikel dari berbagai blog yang ada di internet.
D. Instrumen Penelitian
Istrumen
Penelitian ini, saya
melakukan pertama kali berupa artikel -
artikel yang berkaitan dengan permainan game.
BAB IV
PEMBAHASAN
A. Sejarah
Teknologi Game
1.
Generasi Pertama
Pada tahun 1966, videogame mulai memasuki babak awal
perkembangannya. Ide-ide kreatif bermunculan, dan sebagian besar dimotori oleh
mahasiswa-mahasiswa yang menghabiskan waktu luangnya dengan memanfaatkan
fasilitas teknologi informasi di kampus. Konsol game Baer yang prototipenya
diberi nama Brown Box, kemudian meluncur dengan nama Magnafox Odyssey (Mei
1972), berisi 16 game built-in yang dapat diganti-ganti dengan menggunakan
sebuah switch. Terjual sampai 200.000 unit, Magnafox Odyssey tercatat sebagai
konsol videogame pertama di dunia.
2.
Generasi Kedua
Dalam sejarah komputer dan video game, generasi kedua
(biasa disebut sebagai awal era 8 bit atau kurang lebih 4 bit era) dimulai pada
tahun 1976 dengan merilis Fairchild Channel F dan Radofin1292 Advanced
Programmable Video sistem. Di era generasi kedua ini yang menjadi primadona
konsol game adalah konsol game ATARI ,di antaranya adalah: Fairchild Channel
F,Atari 2600, Magnavox Odyssey ver. 2 , Atari 5200.
3.
Generasi Ketiga
Generasi
ketiga dimulai pada tahun 1983 dengan dipasarkannya Jepang Family Computer tau
lebih dikenal dengan nama FAMICOM (kemudian dikenal sebagai Nintendo
Entertainment System di seluruh dunia). Walaupun konsol generasi sebelumnya
juga menggunakan 8 bit processor, pada akhir generasi inilah konsol rumah yang
pertama kali diberi label oleh mereka “bit”. Ini juga masuk ke mode sebagai
sistem 16 bit seperti Mega Drive / Genesis dipasarkan untuk membedakan antara
generasi konsol. Di Amerika Serikat, generasi ini di game ini terutama
didominasi oleh NES / Famicom. Di era ini pulalah terjadi perang konsol game
yang pertama antara perusahaan konsol Nintendo dengan SEGA .
4. Generasi Keempat
Generasi ini disebut-sebut sebagai "jaman
emas" dalam dunia video game. Masa di mana konsol 16-bit muncul dan
membawa perubahan drastis pada grafik, tata suara, dan gameplay. Era ini juga
kian memanas saat terjadinya persaingan seru antara Sega dan Nintendo.
Pada tahun 1990, Sega
menggelontorkan Sega Megadrive/Genesis, konsol 16-bit yang memukau perhatian
pecinta game, khususnya Amerika.Selanjutnya, Sega merilis game yang akhirnya
menjadi maskot Sega, Sonic the Hedgehog (1991). Game ini lagi-lagi
mencengangkan para pecinta game, karena game tersebut memiliki grafik dan tata
suara yang kualitasnya jauh di atas Super Mario Bros yang merupakan game buatan
Nintendo
5. Generasi Kelima
Era
32-bit dan 64-bit ini diawali dengan penyelenggaraan Electronic Entertainment
Expo (E3) untuk pertama kalinya di Los Angeles Convention Center. Inilah ajang
hiburan dan game terbesar di Amerika yang masih terus diadakan hingga
sekarang.Selanjutnya, Sony merilis Sony PlayStation (1995), diikuti dengan
Nintendo 64 (1996). Untuk kali ini, persaingan dimenangkan Sony karena Nintendo
memutuskan untuk tidak meng-upgrade ke CD-ROM dan tetap menggunakan cartridge.
Tentu saja developer lebih melirik CD-ROM, karena biaya produksi lebih
murah dan kapasitas penyimpanan lebih besar.Sega pun merilis Sega Saturn,
konsol game yang juga berbasis CD-ROM dan memiliki delapan prosesor.
B.
Jenis – Jenis Game
1. RPG (Role Playing Game)
RPG adalah salah satu game yg mengandung unsur experience atau leveling dalam gameplay nya. Biasanya dalam game ini kita memiliki kebebasan untuk menjelajah dunia game tersebut, dan kadang kala dalam beberapa game, kita dapat menentukan ending dari game tersebut
RPG terbagi 2 : Action RPG & Turn Based RPG (Menunggu giliran kita untuk berjalan seperti Monopoly)
RPG adalah salah satu game yg mengandung unsur experience atau leveling dalam gameplay nya. Biasanya dalam game ini kita memiliki kebebasan untuk menjelajah dunia game tersebut, dan kadang kala dalam beberapa game, kita dapat menentukan ending dari game tersebut
RPG terbagi 2 : Action RPG & Turn Based RPG (Menunggu giliran kita untuk berjalan seperti Monopoly)
2.
FPS (First Person Shooting)
FPS adalah game yg tembak menembak yg memiliki ciri utamanya adalah penggunaan sudut pandang orang pertama yg membuat kita dibelakang senjata.
FPS adalah game yg tembak menembak yg memiliki ciri utamanya adalah penggunaan sudut pandang orang pertama yg membuat kita dibelakang senjata.
3.
Third Person Shooter
TPS adalah game yg mirip dengan FPS yaitu memiliki gameplay tembak
menembak hanya saja sudut pandang yg digunakan dalam game ini
adalah orang ketiga.
TPS adalah game yg mirip dengan FPS yaitu memiliki gameplay tembak
menembak hanya saja sudut pandang yg digunakan dalam game ini
adalah orang ketiga.
4.
Strategy
STRATEGY adalah genre game yg memiliki gameplay untuk mengatur
suatu unit atau pasukan untuk menyerang markas musuh dalam rangka
memenangkan permainan. biasanya di dalam game Strategy, kita dituntut
untuk mencari gold untuk membiayai pasukan kita.
STRATEGY adalah genre game yg memiliki gameplay untuk mengatur
suatu unit atau pasukan untuk menyerang markas musuh dalam rangka
memenangkan permainan. biasanya di dalam game Strategy, kita dituntut
untuk mencari gold untuk membiayai pasukan kita.
5.
Sports
Sports Adalah genre bertema permainan olahraga. Sistem permainan akan
berbeda-beda tergantung jenis olahraga yang menjadi tema game tersebut
Sports Adalah genre bertema permainan olahraga. Sistem permainan akan
berbeda-beda tergantung jenis olahraga yang menjadi tema game tersebut
6.
Simulation
Simulasi Adalah genre yang mementingkan realisme. Segala faktor pada game ini sangat diperhatikan agar semirip didunia nyata. Segala nilai, material, referensi, dan faktor lainnya adalah berdasarkan dunia nyata. Cara memainkannya juga berbeda, karena biasanya kontrol yang dimiliki cukup
Simulasi Adalah genre yang mementingkan realisme. Segala faktor pada game ini sangat diperhatikan agar semirip didunia nyata. Segala nilai, material, referensi, dan faktor lainnya adalah berdasarkan dunia nyata. Cara memainkannya juga berbeda, karena biasanya kontrol yang dimiliki cukup
7.
Tycoon
Tycoon adalah game yg menjadikan kita sebagai seorang bussinesman
yang akan mengembangkan sesuatu Property untuk dikembangkan hingga
laku di pasaran
Tycoon adalah game yg menjadikan kita sebagai seorang bussinesman
yang akan mengembangkan sesuatu Property untuk dikembangkan hingga
laku di pasaran
8.
Racing
Racing Game adalah game sejenis racing yg memungkinkan kita untuk
mengendalikan sebuah kendaraan untuk memenangkan sebuah balapan.
Racing Game adalah game sejenis racing yg memungkinkan kita untuk
mengendalikan sebuah kendaraan untuk memenangkan sebuah balapan.
9.
Action Adventure
Action Adventure adalah game berupa petualangan salah seorang
karakter yg penuh dengan penuh aksi yg akan terus ada hingga game
tersebut tamat. (Biasanya Action dimasukan kategori RPG)
Action Adventure adalah game berupa petualangan salah seorang
karakter yg penuh dengan penuh aksi yg akan terus ada hingga game
tersebut tamat. (Biasanya Action dimasukan kategori RPG)
10. Arcade
Arcade game adalah genre game yang tidak terfokus pada cerita, melainkan hanya dimainkan "just for fun" atau untuk kejar-mengejar point / highscore
Arcade game adalah genre game yang tidak terfokus pada cerita, melainkan hanya dimainkan "just for fun" atau untuk kejar-mengejar point / highscore
BAB V
PENUTUP
A.
Kesimpulan.
Dari uraian diatas , kita sebagai pelajar
jangan terlalu sering bermain
Game,
walaupun ada game yang dapat memberi manfaat bagi anak yang baru
Belajar
mengenal angka, huruf dan lain-lain.
B.
Saran
Seharusnya,
para pelajar hendaknya
memehami bahwa mencari uang
Itu
tidak mudah, dan seharusnya para remaja itu mengingat kewajibannya
Sebagai
seorang pelajar, tetapi bermain game itu boleh saja, asal
tidak
terlalu
sering, sebaiknya para pelajar beralih ke membaca
buku, majalah supanya
menambah ilmu pengetahuan, belajar membaca buku
pelajaran ataupun menonton tv dirumah tetapi menonton yang ada manfaatnya saja
seperti : berita, edukasen, da’
i muda pilihan dan lainnya.
BIODATA PENELITI
Nama : Asyahrul Mubarak.
Tempat tanggal
lahir : pomontoro, 22
Desember 1998.
Alamat
rumah : Jl. Poros Bone - Makassar
Sekolah : SMKN 2 Simbang Maros.
Cita – cita : Pengusaha Muda.
Hobi : Bermain Game, Basket.
Nama orang
tua
Ayah : Abustam S.pd.
Ibu : Humaerah S.E.
Pekerjaan orang tua
Ayah : PNS (Guru).
Ibu : PNS.
|
|||
|
|||
DAFTAR
PUSTAKA
http//
cakrawalamaya.blogspot.com/2012/03/ pengertian game-hlml.
http//
bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/ index.php.
keraf,gorys.1979.komposisi ende flores: Nusa Indah.
http//
id.wikipedia.org/ wiki/ permainan.
http://sababjalal.wordpress.com/2011/11/03/contoh-makalah-manfaat-teknologi-bagi-kehidupan-manusia/
http://disketmaster.tripod.com/peranan_teknologi.htm
0 comments:
Post a Comment